Header Ads

Pagelaran Wayang Dan Ketoprak Mewarnai Tradisi Bersih Desa Karanggupito

Setiap desa memiliki ciri khas tersendiri di dalam menggelar tradisi adat bersih desa, salah satunya seperti Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi yang mengadakan acara bersih dengan berbagai kegiatan dalam acara adat istiadat tersebut. Karena acara bersih desa memiliki makna rasa gotong royong yang berarti menghilangkan individualisme dan egoistis. Ini dapat kita lihat dalam kerjasama antara Pemerintah Desa dengan seluruh warga masyarakatnya dalam melaksanakan pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon carita ‘Turuning Wahyu Karahayon” dengan Ki Dalang Haji Anom Sunarto Kenur dari Sragen di hari pertamanya, (22/09) dan dilanjutkan hari kedua, (23/09) dengan pementasan hadroh dan ketoprak dapat terlaksana dengan sukses.

Dengan adanya acara adat bersih desa yang merupakan warisan adat istiadat para leluhur (pepunden desa)sebagian bangsa Indonesia ini, seyogyanya perlu dipertahankan dan dilestarikan agar jangan sampai musnah. Hal ini perlu diperkenalkan pada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai luhur bangsa yang berdasar Pancasila, agar tidak tergerus oleh perkembangan teknologi modern dan mengalami pergeseran nilai yang dapat mendangkalkan adat istiadat leluhur.

Terlihat hadir, dalam acara tersebut, Camat Kendal, Danramil Kecamatan Kendal dan Kapolsek Kendal, Kepala Desa se-Kecamatan Kendal, Ketua BPD Desa Karanggupito berserta anggota, Ketua LPMD Desa Karanggupito berserta anggota, dan para tokoh masyarakat serta seluruh warga masyarakat yang tampak antusias berjubel memenuhi jalan dan halaman rumah Kepala Desa Karanggupito tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Karanggupito, Bambang Suryo Saputro, S.E. memberikan laporan dan pertanggungjawaban akan seluruh kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Desa Karanggupito. “Dalam pembangunan di desa Karanggupito selama ini, dana yang didapat dari ADD dan DD maupun PAD Desa serta sumber dana yang lain telah direalisasikan dan dibagi secara merata di setiap dusun yang ada di Desa Karanggupito sesuai aturan yang berlaku,” terangnya.

“Kita bisa mengucap syukur kepada Allah SWT karena di tahun ini, Desa Karanggupito mendapatkan prestasi yang luar biasa antara lain meraih Juara I Lomba BKB Durian Tingkat Kabupaten Ngawi dan Juara I Lomba Siskampling Tingkat Kabupaten Ngawi. Ini harus bisa kita pertahankan dan terus lebih ditingkatkan lagi,” tambah Bambang Suryo Saputro, S.E., Kepala Desa Karanggupito disambut dengan riuhnya tepuk tangan seluruh warga masyarakat yang datang.

Harapan ke depan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat, keselamatan, ketentraman dan kemakmuran bagi seluruh warga masyarakat desa Karanggupito serta dihindarkan dari bencana maupun pageblug, sehingga hasil panen semakin melimpah di tahun-tahun mendatang.

Sumber : Surya Indonesia
Diposting juga di sini dengan koreksi tanggal kegiatan.

No comments

Powered by Blogger.